Marelli Motori Kode IP tingkat perlindungan kelistrikan (Elektrik Motor Marelli Motori)

Apa yang dimaksud dengan kode – IP dalam ilmu kelistrikan elektrik motor?

Kode IP (Ingress Protection)

Seperti yang kita ketahui bersama, listrik adalah suatu energi yang banyak kita gunakan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia industri.

Oleh karena itu, sebisa mungkin setiap peralatan listrik yang digunakan harus memiliki perlindungan atas keselamatan baik terhadap penggunanya maupun untuk keselamatan alat listrik itu sendiri.

Setiap hal yang berhubungan dengan listrik, dari mulai cara pemasangan, bahan, fungsi pengaman, bentuk & ukurannya, harus dilindungi dari segala macam resiko bahaya terhadap keselamatan & kerusakan.

Dalam sistem kelistrikan kita mengenal sebuah istilah yang disebut dengan IP. Sebagai standarisasi mengenai tingkat perlindungan berbagai peralatan listrik yang kita gunakan.

Apa itu kode IP ?

Apa yang dimaksud dengan kode IP dalam sistem kelistrikan?

IP adalah singkatan dari Ingress Protection atau International Protection.

IP adalah suatu kode yang biasanya terdiri dari kode IP diikuti dengan dua angka tertentu dan diikuti juga dengan satu atau dua kode huruf.

Kode IP ini memiliki arti berbeda-beda sesuai dengan kode tertulis untuk menunjukan tingkat perlindungan suatu alat listrik terhadap berbagai sumber bahaya.

perlindungan yang diatur dalam IP meliputi berbagai kemungkinan potensi bahaya yang mungkin terjadi, seperti :

Perlindungan alat listrik terhadap bahaya sentuhan langsung, perlindungan terhadap masuknya benda kedalam alat listrik seperti Air, debu, serangga, dan benda lainnya yang berkaitan dengan perlindungan listrik.

Kode IP sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi tentang keselamatan dan seberapa besar tingkat perlindungan yang dapat diberikan suatu alat listrik terhadap benda apapun.

Selain itu, dengan mengetahui kode IP, dapat sebagai pedoman untuk menentukan pemilihan alat listrik yang baik sesuai dengan kebutuhan dan keselamatan penggunanya. Kode IP (Ingrees Protection)

Sebagai Contoh :

Jika ingin membeli suatu alat listrik seperti Elektrik motor Marelli motori yang aplikasinya untuk Blower apabila aplikasinya dipasang diluar ruangan (Out door), kita harus memilih elektrik motor marelli motori dengan dilengkapi dengan penutup yang tahan terhadap siraman air hujan.

Perlindungan penutup elektrik motor marelli motori dari siraman air hujan ini akan dituliskan pada penutup tersebut sebagi simbol IP, dan biasaynya IP yang baik untuk elektrik motor marelli motori out door adalah elektrik motor dengan tingkat perlindungan minimal menggunakan IP55.

Untuk mengetahui tingkat perlindungan dalam sistem kelistrikan, kita dapat melihat penjelasan mengenai Arti bebagai kode IP (Ingrees Protection) dibawah ini :

Penjelasan tingkat perlindungan kelistrikan menurut kode IP (Ingrees Protection) yang tertera :

Kode Utama digit pertama

Kode IP (Ingrees Protection)

Pada setiap kode IP terdapat dua digit kode angka, kode angka yang pertama disebut dengan kode utama digit digit pertama, kode ini menunjukan seberapa besar tingkat perlindungan suatu peralatan listrik terhadap gangguan masuknya benda padat kedalam alat listrik tersebut.

Arti kode digit pertama pada kode IP (Ingrees Protection)

  • Angka memiliki arti bahwa alat listrik tersebut tidak memilki perlindungan terhadap kontak dan masuknya objek.
  • Angka memilki arti bahwa alat listrik bahwa alat listrik tersebut memilki perlindungan dari benda dengan ukuran lebih besar dari 50 mm, seperti tangan, tapi tidak ada perlindungan terhadap kontak langsung yang disengaja dengan bagian tubuh (Contoh tanpa sengaja tersentuh oleh tangan).
  • Angka memilki arti bahwa alat listrik tersebut memilki perlindungan dari benda dengan ukuran lebih besar dari 12,5 mm, seperti jari atau benda sejenis itu.
  • Angka memiliki arti bahwa alat lsitrik tersebut memilki perlindungan dari benda dengan ukuran lebih besar dari 2,5 mm, seperti alat-alat, kabel tebal dan lainnya.
  • Angka memiliki arti bahwa alat listrik tersebut memilki perlindungan dari benda dengan lebih besar dari 1 mm seperti sekrup, baut, kabel dan benda lainnya.
  • Angka memilki arti bahwa alat listrik bahwa alat listrik tersebut memiliki perlindungan dari masuknya debu dan perlindungan lengkap terhadap kontak langsung. Pada tingkatan ini debu masih dapat diijinkan masuk namun dalam batas normal selama tidak mengganggu pengoprasian eletrik motor marelli motori.
  • Angka memilki arti bahwa alat listrik tersebut memilki perlindungan secara ketat dari masuknya dari masuknya debu dan perlindungan lengkap terhadap kontak langsung.

Kode utama Digit kedua pada IP (Ingrees Protection)

Kode IP (Ingrees Protection)

Pada setiap kode IP terdapat dua digit kode angka , kode angka yang kedua disebut dengan kode utama digit kedua, kode ini menunjukan tingkat perlindungan peralatan listrik terhadap masuknya air.

  • Angka 0 memilki arti bahwa alat listrik tersebut tidak memilki perlindungan.
  • Angka 1 memilki arti bahwa alat listrik tersebut memilki perlindungan terhadap tetesan air yang jatuh langsung secara vertikal.
  • Angka 2 memilki arti bahwa alat listrik tersebut memilki perlindungan terhadap tetesan air yang jatuh langsung dengan kemiringan 15 derajat.
  • Angka 3 memilki arti bahwa alat lsitrik tersebut memilki perlindungan terhadap percikan air yang jatuh dengan kemiringan 60 derajat.
  • Angka 4 memilki arti bahwa alat lsitrik tersebut memilki perlindungan terhadap percikan air yang datang dari segala arah tetapi tidak mutlak.
  • Angka 5 memilki arti bahwa alat listrik tersebut memilii perlindungan terhadap semprotan air yang datang dari segala arah tetapi tidak mutlak.
  • Angka 6 memilki arti bahwa alat listrik tersebut memilki perlindungan terhadap semprotan air bertekanan yang datang dari segala arah tapi tidak mutlak
  • Angka 7 memilkii arti bahwa alat listrik tersebut memilki perlindungan akibat perendaman dalam air pada kedalaman air antara 15 Centi Meter sampai dengan 1 Meter.
  • Angka 8 memilki arti bahwa alat listrik tersebut memilki perlindungan akibat perendaman dalam air yang bertekanan dan dilakukan dalam jangka waktu tertentu ataupun terus menerus. Biasayanya, ini berarti bahwa alat ini tertutup rapat. Akan tetapi pada beberapa jenis peralatan, itu dapat berati bahwa air bisa masuk tetapi hanya dalam sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan efek yang berbahaya.

Sebagai Contoh :

Dalam mengetahui tingkat perlindungan suatu peralatan listrik terhadap keselamatan dengan membaca kode IP yang tertera pada alat listrik tersebut, yaitu :

Jika kita melihat sebuah elektromotor atau motor listrik, pada name plate tertera kode IP55.

Kita dapat melihat dari keterangan mengenai arti kode IP diatas, kode IP55 ini memiliki arti :

Kode angka pertama adalah 5

Ini berarti bahwa elektro motor atau motor induksi tersebut memilki perlindungan dari masuknya debu dan perlindungan lengkap terhadap kontak langsung. Pada tingkatan ini debu masih dapat diijinkan masuk namun dalam batas normal selama tidak mengganggu pengoprasian peralatan.

Kode angka kedua adalah 5

Ini berarti bahwa elektromotor atau motor induksi tersebut memilki perlindungan terhadap semprotan air yang datang dari segala arah, contohnya semprotan air dari pipa air atau keran. Mempunyai arti bahwa alat listrik tersebut memilki perlindungan terhadap semprotan air yang datang dari segala arah.

Dengan kata lain sebuah elektromotor atau motor induksi dengan kode IP55, memilki perlindungan dari masuknya debu dan tahan terhadap semprotan air yang datang dari segala arah.

PT. Multi Teknik Telaga Indonesia
Selaku Authorized Sole Distributor elektrik motor merk Marellimotori berlisensi resmi dari negara Italia.
Marelli Motori menawarkan rangkaian lengkap Motor dan Generator listrik dengan: • Low, Medium dan High Voltage Synchronous Generators
• Low, Medium dan High Voltage Asynchronous Generators
• Generator untuk Hydropower, UPS, Cogeneration, Aplikasi Industrial
• Low, Medium dan High Voltage Asynchronous Motors
• Low dan Medium Voltage
• Hazardous Area Motors ( IP55, IP56, IP65) Masing-masing produk ini tersedia dalam berbagai jenis dan kekuatannya berkisar hingga sebesar 4, 000 kW Motors dan 8, 000 kVA untuk Generators.
Aplikasi MarelliMotori meliputi:
1. Industri Power
( Pumps, Compressors, Fans, Agitators, Mixer, Conveyor)
2. Oil & Gas
( Petrokimia, Produksi Minyak, Pertambangan)
3. Convensional Power
( Gensets, Cogenerations, Combined Heat & Power, Turbines)
4. Marine
( Main Propulsion, Bow Thrusters, Power Generation, Auxiliaries)
5. Renewable Power
 ( Hydro Electric Generators, Wind Generators)
Untuk pemesanan atau pembelian silahkan hubungi dan Kami siap mengirim keseluruh wilayah indonesia.

 

Artikel Lainnya

MGM Brake motors

Motor induksi adalah salah satu jenis dari motor listrik yang cara kerjanya berdasarkan induksi elektromagnet. Motor induksi memiliki sebuah energi listrik yaitu dari stator, sedangkan…

Electric Motor Marellimotori

Motor listrik adalah sebuah perangkat elektro magnetis yang bisa mengubah energi listrik menjadi suatu energi mekanik. dimana berguna untuk mengubah suatu energy mekanik menjadi energi…

Gearmotor Rossi Motoriduttori

Gear Motor dan Reducers merupakan komponen penting dalam kegiatan di industri manufakturing. Kedua produk tersebut selalu terkait satu sama lain. Sehingga gear motor dan reducer…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *