Perawatan Rutin Gearbox & Gearmotors

Gearbox adalah suatu unit mesin yang terdapat sebuah industri untuk membantu kegiatan proses produksi. Didalam dunia industri penggunaan gearbox  untuk membantu mengolah bahan mentah menjadi setengah jadi ataupun barang jadi. Pengertian gearbox adalah susunan roda gigi atau gear di dalam subuah housing yang mempunyai Ratio atau Output speed Rpm.

Fungsi dari Gearbox adalah sebagai berikut ini :

  • Untuk mereducer speed jumlah putaran dari power utama atau motor induksi menjadi putaran sesuai kebutuhan yang di gerakan.
  • Untuk mensinkronkan kebutuhan putaran yang diperlukan oleh mesin benda kerja yang bergerak.
  • Mengubah speed putaran atau jumlah putaran dari Rpm tinggi menjadi pelan.
  • Merubah beban putar dari benda kerja yang berat menjadi ringan.

Sedangkan perawatan rutin supaya kondisi Gearbox tetap terjaga dan beroprasi secara optimal dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

1) Check Kondisi Level Oli Gearbox

Setiap beberapa bulan (sesuai panduan principle product) lakukan cek berkala dan pastikan kondisi level oli yang ada di dalam gearbox unit dengan melihat di level oli yang terdapat pada body gearbox. Apabila terjadi low level maka segera lakukan isi kembali oli lubrikasi kedalam unit gearbox dan segera lakukan pemeriksaan kenapa oli bisa berkurang, apakah terjadi kebocoran atau tidak.

2) Check Kondisi Aliran Sirkulasi Oli

Setiap Hari atau minggu pastikan melakukan pengecekan aliran oli pada unit gearbox melalui flow glass yang berada di body unit gearbox. Apakah oli didalam gearbox bisa bersirkulasi normal sesuai settingan atau tidak.

3) Check Kebocoran di Area Unit Gearbox

Pengecekan dikarenakan adanya kebocoran di unit gearbox sangatlah penting dikarenakan demi kelangsungan lead time gearbox itu sendiri, karena hal ini berhubungan dengan berkurangnya volume oli di dalam gearbox. Area yang harus dipastikan kebocoran adalah pada oli seal gearbox yang terdapat pada input & output shaft. Jika terjadi kebocoran pada oli seal, maka segera atur schedule untuk melakukan penggantian part oil seal baru dan pastikan tipe oil seal sesuai dengan part number yang terpasang.

4) Check Noise Gearbox Unit

Pastikan pada saat kondisi gearbox sedang berputar (Running)  dengarkan secara seksama apakah terjadi suara noise atau abnormal pada gearbox unit. Jika ada susra noise atau abnormal pada gerakan gearbox unit pastikan dengan alat check untuk menemukan sumber dari sumber noise tersebut.

5) Melakukan Inspeksi Kondisi Oli Gearbox

Kondisi Oli gearbox atau viscositas oli di cek berkala sesuai dengan panduan, ambilah sample oli pada gearbox tersebut & cek apakah tingkat kekentalan dari oli itu masih layak untuk digunakan. Apabila oli tersebut sudah tidak memenuhi standar tingkat kekentalannya maka segera lakukan penggantian dengan oli baru.

Kondisi Oli gearbox yang perlu untuk dilakukan penggantian dengan oli baru antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kondisi oli gearbox sudah encer.
  • Kondisi oli gearbox bercampur dengan air.
  • Kondisi oli gearbox sudah berubah warna menjadi hitam pekat & berbau.
  • Kondisi oli gearbox sudah bercampur dengan serbuk besi atau gram.
  • Kondisi oli gearbox sudah kotor.
  • Kondisi oli gearbox sudah memasuki schedule gantu atau kadaluarsa time limit.

6) Melakukan inspeksi vibrasi dan temperatur

Lakukan secara berkala untuk mengecek kondisi vibrasi atau getaran pada gearbox unit dengan menggunakan alat mengukur tingkat vibrasi, semakin kecil nilai vibrasi maka kondisi gearbox tersebut masa dalam kondisi penggunaan normal. Vibrasi atau getaran yang masih masuk toleransi rata-rata 3mm/s. Kemudian lakukan pengecekan terhadap temperatur di gearbox unit termasuk pada area bearing. Kondisi normal temperatur gearbox unit dibawah 60 Derajat Celcius.

7) Melakukan Inspeksi Pengecekan Filter Oli 

Lakukan pengecekan kondisi filter oli setiap 3 bulan sekali atau sesuai panduan yang di tetapkan. pengecekan dilakukan pada saat mesin shut down dan pada saat jadwal yang telah ditentukan. Cara mengecek kondisi filter oli apakah ada kotoran dalam filter tersebut, apabila ada kotoran maka segera bersihkan dengan di semprot tekanan angin.

Cara Inpeksi Filter oli dengan cara sebegai berikut:

  • Buka casing tutup filter oli.
  • Ambil atau lepas filter oli.
  • Semprot filter oli dengan tekanan angin.

8) Melakukan Inspeksi pengecekan Kondisi Permukaan Gigi Gearbox.

Lakukan Inspeksi pengecekan kondisi sentuh permukaan gigi dan bagian gigi gear lainnya setiap berkala pada stop atau pada saat mesin shut down. Apakah terjadi keausan atau terjadi kerusakan pada permukaan gear yang bergesekan.

Cara inspeksi gigi gearbox tersebut adalah sebagai berikut :

  • Buka cover gearbox unit dan lihat cek secera visual apakah terjadi kerusakan pada kondisi gigi gearbox.
  • Putar perlahan secara manual shaft gearbox, dengan tujuan agar semua bagian permukaan gigi gearbox bisa terlihat kondisinya.

Demikian ulasan tentang perawatan rutin gearbox dalam upaya penggunaan sesuai standar oprasional.

PT. Multi Teknik Telaga Indonesia is directly approved partner for Assembly Center for Rossi Motoriduttori & Motovario Gearmotor in indonesia.

We will Provide the best Support. Can Directly Review PT. Multi Teknik Telaga Indonesia for more Details,

Please Contact Me for your questions or Inquary.

PT. Multi Teknik Telaga Indonesia

Partnership your Electrical & Mechanical Drive Solutions

www.gearmotorindo.com

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya

MGM Brake motors

Motor induksi adalah salah satu jenis dari motor listrik yang cara kerjanya berdasarkan induksi elektromagnet. Motor induksi memiliki sebuah energi listrik yaitu dari stator, sedangkan…

WORM GEAR REDUCERS NMRV & NMRV POWER MOTOVARIO

          Motovario worm gear NMRV & NMRV Power saat ini merupakan solusi paling tepat untuk membantu industri dalam kegiatan proses produksi…

Marelli Motori Kode IP tingkat perlindungan kelistrikan (Elektrik Motor Marelli Motori)

Apa yang dimaksud dengan kode – IP dalam ilmu kelistrikan elektrik motor? Kode IP (Ingress Protection) Seperti yang kita ketahui bersama, listrik adalah suatu energi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *